Ini Dia Tema Wisata Indonesia Tahun 2011


Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, mengumumkan tema wisata untuk tahun 2011.

Pengumuman tersebut disampaikan di acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2010 yang bertempat di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama ini.

"Tema 2011 adalah Ecoculture dan MICE," kata Jero. Dia menjelaskan semua wisatawan terutama wisatawan asing menyukai tempat wisata yang cinta lingkungan atau pro lingkungan. Ia mengimbau hotel dan tempat wisata selayaknya menggunakan prinsip-prinsip kinerja yang ramah lingkungan. Selain itu, Indonesia juga memiliki kebudayaan yang beragam dan menjadi kekuatan pariwisata Indonesia.

Sementara itu tema MICE (kegiatan pertemuan dan konvensi) kembali diangkat karena Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN di tahun 2011.

"Kita menyiapkan 600 event MICE di seluruh Indonesia," katanya.

Jika setiap pertemuan dapat berjalan dengan sukses dan aman, tingkat kunjungan wisman pun akan meningkat. Pihaknya juga menyiapkan paket tur untuk peserta MICE agar tidak datang sendirian. Jero menjelaskan misalnya peserta datang dengan istri, saat ia menghadiri pertemuan istrinya bisa santai spa.

Senada dengan hal tersebut, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan bahwa Ecoculture merupakan pariwisata yang berbasis pada alam dan budaya. Karena itu, para pelaku pariwisata diharuskan ikut menjaga lingkungan agar dapat berkelanjutan. Begitu pula dengan budaya harus dilestarikan.

Menurut Sapta, semua daerah di Indonesia unggul dalam hal Ecoculture. Ia memberi contoh Raja Ampat di Irian yang terkenal sebagai tempat diving atau Gunung Rinjani di Lombok yang indah.

"Setiap daerah unggul karena masing-masing daerah punya keunggulan sendiri-sendiri," katanya.

Sapta juga menjelaskan bahwa Presiden RI akan menjadi Ketua ASEAN di tahun 2011. ASEAN akan mengadakan pertemuan-pertemuan mengenai berbagai hal.

"Ada 200 event lebih ASEAN. Mulai dari meeting pariwisata ASEAN, keamanan ASEAN, kehutanan, sampai budaya, dan banyak lagi," jelas Sapta.

Acara-acara pertemuan ini akan diadakan di Indonesia. Untuk pertemuan tingkat presiden akan diselenggarakan dua kali dan rencananya bertempat di Jakarta dan Bali. "Event akan ada di 15 destinasi utama," kata Sapta.

Ia menyebutkan beberapa destinasi unggulan seperti Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Bali, Jakarta, dan lain-lain. Sementara itu ada destinasti yang tergolong baru dalam menyelenggarakan MICE yang masuk dalam 15 destinasi utama. Destinasi tersebut antara lain Lombok, Manado, dan Palembang.

http://travel.okezone.com/read/2010/12/31/407/409032/ini-dia-tema-wisata-indonesia-tahun-2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...