Ikan-ikan Berlemak Bagus untuk Mata


Baltimore, Maryland, Beberapa jenis ikan seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Jenis-jenis ikan semacam ini baik untuk menjaga kesehatan mata, bahkan penelitian membuktikan nutrisinya bisa mencegah kebutaan pada orang lanjut usia (lansia).

Selain pada ikan salmon, kandungan omega 3 juga terdapat pada makarel, tuna, kepiting dan tiram. Kandungan asam lemaknya paling tinggi apabila disantap dalam keadaan segar, bukan hasil awetan atau yang sudah dikalengkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Johns Hopkins School of Medicine di Maryland membuktikan ikan-ikan tersebut bisa mencegah Age-related Macular Diesase (AMD) atau penyakit mata akibat proses penuaan. Penelitian ini melibatkan 2.400 relawan berusia 65-84 tahun.

Hasilnya, risiko untuk mengalami AMD berkurang pada relawan yang mengonsumsi ikan-ikan berlemak sebanyak 2 kali seminggu atau lebih. Faktor yang membedakan dengan relawan lainnya adalah asupan omega 3 yang tinggi dari ikan-ikan tersebut.

"Temuan ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan asam lemak omega 3 pada ikan dan kerang bisa mencegah AMD," ungkap salah satu peneliti, Sheila K West, PhD seperti dikutip dari MedicalNewsToday, Jumat (4/12/2010).

AMD ditandai dengan kerusakan sel retina, yang bisa berakhir dengan kebutaan. Diperkirakan 240.000 orang di Inggris dari berbagai usia menderita penyakit ini, baik karena faktor usia yang merupakan faktor utama maupun faktor lainnya seperti radiasi ultraviolet.

Selain baik untuk mata, asam lemak omega 3 sejak lama diketahui punya banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga ritme jantung dan mencegah penggumpalan darah yang memicu penyumbatan pembuluh arteri.
Source

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...