Melihat Kemegahan Hagia Sophia Turkey

Hagia Sophia adalah bangunan Romawi terbesar pada era Byzantium di Turki.
Bangunan ini dibangun pada tahun 532-537, saat Istanbul masih bernama Konstantinopel dan berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun.




Sejarah pun berganti. Kekasiran Byzantium ditaklukkan oleh Kesultanan Ottoman Turki pada tahun 1453. Hagia Sophia kemudian diubah menjadi Masjid Aya Sofia, oleh Sultan Mehmed II. Bentuk luar Hagia Sophia tidak diubah. Kubah megahnya tetap berdiri indah. Sultan Mehmed II hanya mengganti interior dalamnya.

Hagia Sophia kini telah menjadi museum sejak pemerintahan Presiden Mustafa Kemal. Kemegahannya di masa lalu masih terasa. Lukisan-lukisan dindingnya masih terawat baik.







Pada tahun 1847 - 1849, bangunan ini direstorasi oleh dua bersaudara dari Swiss, Gaspare & Giuseppe Fossati, dan oleh Sultan Abdulmecid, mereka diperbolehkan untuk mendokumentasi semua mosaik yang ditemukan selama proses restorasi tersebut.

Sejumlah besar mosaik ditemukan lagi oleh sebuah tim dari American Byzantine Institute yang dipimpin oleh Thomas Whittemore. Diyakini masih banyak mosaik yang masih tertutup & belum ditemukan ataupun hilang karena hancur.








Source

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...