Pengobatan ala Rumah untuk Penyakit Seputar Kelamin

Jamur di daerah kelamin sering menjengkelkan dan membuat perempuan tak percaya diri. Ada beberapa jenis herbal dan bahan lain yang bisa menjadi pengobatan rumah untuk keputihan dan jamur kelamin lainnya.

Infeksi ragi atau jamur di daerah kelamin biasanya disebabkan oleh jumlah Candida albicans yang berlebihs, yaitu jamur yang memang secara alami ada di kulit manusia.

Menurut Mayo Clinic, 75 persen wanita yang mengalami infeksi jamur sering mengalami berbagai gejala, tapi gejala yang paling umum adalah gatal-gatal,  keputihan dan vagina mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Dilansir Livestrong, Minggu (9/1/2011), berikut beberapa herbal dan bahan lain yang dapat mengatasi dan mengobati keputihan dan jamur kelamin:

1. Bawang putih
Bawang putih dengan nama Latin Allium sativa sangat membantu mengatasi keluhan pencernaan, tekanan darah tinggi dan penyakit lain. Bawang putih segar juga mengandung zat yang disebut allicin, yang memiliki efek antibakteri, antivirus dan antijamur.

Menurut University of Maryland Medical Center, mengoleskan bawang putih dapat mengobati infeksi kulit seperti Tinea cruris dan Tinea corporis, atau yang juga dikenal sebagai gatal dan kurap.

Bawang putih juga berguna untuk meredam pertumbuhan jamur yang berlebih karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya, kupas lapisan tipis bawang putih dan masukkan ke dalam vagina pada waktu tidur. Di pagi hari, keluarkan bawang putih. Ulangi pada malam berikutnya jika perlu.

2. Yoghurt
Yoghurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus dapat mengobati infeksi jamur. Menurut MayoClinic.com, bakteri Lactobacillus terjadi secara alami dalam vagina, dengan makan atau memasukkan yoghurt ke dalam vagina dapat mengurangi tingkat Candida albicans dan meringankan gejala infeksi ragi.

Untuk memasukkan yoghurt vagina, perempuan dapat menggunakan aplikator yang dirancang untuk vagina, sendok atau spatula karet. Menggunakan tampon (pembalut) yang sudah dicelupkan ke dalam yoghurt juga dapat bekerja. Lactobacillus acidophilus juga tersedia dalam bentuk tablet atau bubuk.

3. Tea tree oil
Tea tree oil atau Melaleuca alternifolia merupakan obat rumah lainnya yang memiliki sifat antijamur dan telah terbukti efektif dalam memerangi herpes jika digunakan sebagai obat kumur. Tea tree oil bekerja dengan cara merusak dinding sel candida.

Tapi University of Maryland Medical Center memperingatkan bahwa tea tree oil beracun bila tertelan, jadi harus hati-hati bila digunakan untuk sebagai obat infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan.

Tea tree oil
efektif untuk mengatasi infeksi jamur yang terjadi pada lipatan kulit, tetapi tidak boleh dimasukkan ke dalam vagina.

Dr Marilyn Greenville, ahli kesehatan perempuan terkemuka Inggris, menunjukkan bahwa tea tree oil yang mengandung pessaries, dapat digunakan untuk infeksi jamur di daerah vagina. Dr Greenville juga menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes tea tree oil untuk air mandi.
Source: detikHealth.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...