10 Lokasi 'Diving' yang Paling Menarik

Alam menyimpan sejuta atraksi dalam ketenangannya. Jika kamu salah satu orang suka berpetualang dibawah air bersama kuda laut dan karang dipulau pulau kecil, kamu sebaiknya mencatat lokasi lokasi berikut yang asik untuk menyelam.

1. Kepulauan Bahamas, di Western Atlantic
Kepulauan Bahamas adalah gugusan 700 pulau pulau kecil seluas 100,000 mil persegi di western atlantic ocean. Memiliki karakteristik menarik dari formasi dari kumpulan patahan landai yang membentuk laut dangkal. Rata rata kedalaman lautnya hanya 20 kaki kecuali di bagian patahan plat bumi dasar laut yang agak lumayan dalam.


Air laut yang hangat dan arus tenang disekitar pulau menghidupkan berbagai macam terumbu karang dan ikan ikan kecil. Kamu bisa berpeyualang menjelajah gua terpanjang dari kumpulan gua laut yang ditemukan di Grand Bahama Island. Kamu tidak boleh melewatkan Biminis, Abacos, Eleuthera, Cat Island, San Salvador dan Inagua jika kamu ingin memanfaatkan liburan menyelam di Bahamasi.

2. Papua New Guinea, di Bismarck Sea
 
Garis pantai Papua New Guinea ditandai dengan daerah pegunungan yang sulit ditembus.Disini adalah tempat bertemuanya tiga arus laut, yaitu Laut Bismarck, Laut Solomon dan Laut Coral yang kaya dengan kehidupan flora dan fauna bawah air.

Memancing dan menyelam serta menginap dipulau pulau kecil sembari menyaksikan bangkai pesawat tempur masa Perang Dunia ke II didasar laut. Kamu bisa mencharter kapal kecil dari Alotau untuk menjelajah, menyelam yang pasti mengasikkan. Jangan lupa, jika kamu benar benar penyelam mania catat lokasi ini: Kimbe Bay, Madang, Rabaul dan Kavieng untuk pengalaman menyelam yang tak terlupakan.

3. Galapagos Islands
 
Kepulauan Galapagos, Surga nyata para penyelam yang memiliki ragam kehidupan bawah laut dan kondisi geografis yang sungguh menantang. Mintalah saran dari toko toko sarana menyelam untuk melengkapi diri dengan Diving Gear yang cocok dan nikmati kepuasan alam bawah laut dengan suhu yang berbeda beda.

Air laut dari Pasifik di Galapagos sangat jernih sehingga kita bisa melihat ikan berwarna warni di kedalaman 15 hingga 25 meter. Di beberapa tempat kita bisa menemukan ganggang hijau dan hampir semua pulau cocok untuk Drift Diving, Night Diving dan Deep Diving.


4. Rangiroa, di Polynesia
 
Rangiroa berada di garis pantai atol terbesar di Kepulauan Tahiti. Yang menjadi tempat hidup berbagai kehidupan laut. Ada dua lokasi menyelam di Rangiroa yaitu Laguna Paio motu, bernama Ava Toru dan Tiputa . Kedua tempat menawarkan pemandangan fantastik kekayaan laut Polinesia Perancis.

Suhu airnya rata rata 70 F dimusim dingin dan 80 F dimusim panas, karena suhu yang stabil ini Rangiroa menjadi tujuan penyelam sepanjang tahun. Kita bisa menyelam selama 45 menit di celah dasar laut dengan air yang tetap jernih . Kedalaman maksimunnya 80 kaki dan kita harus menyewa boat kecil untuk melihat lumba lumba, hiu, ikan pari dan ikan ikan kecil bermain disekeliling kita.
 
5. Riviera Maya, di Mexico
 
Riviera Mayo atau Mayan Riviera berlokasi disepanjang jalan lintas cepat 400 Garis Pantai Karibia di Quintana Roo, Mexico. Gugusan karang Mesoamerican Barrier Reef di sepanjang pantai menarik banyak turis dan penyelam.Cara terbaik untuk menjelajah adalah melalui sebuah lubang besar bekas runtuhan menuju ke sungai bawah tanah. Disini ada fenomena pemandangan alami gua gua karbonat yang terbentuk dari campuran air laut dan air tawar.

Kenyataannya, Riviera Mayan adalah Gua Bawah Laut terpanjang di dunia yang disebut Sac Actun dan Ox Bel Ha. pemandangan yang tidak biasa seperti menemukan binatang air tawar berenang di air laut saat air laut pasang naik. Jika kamu penyelam pemula, pergilah Snorkling di karang Playa del Carmen and Tulum. Bagi penyelam profesional bisa menyelam di Gua Dos Ojos. Kita bisa menyewa kapal di berbagai tempat penyewaan hampir di semua resort.
 
6. Great Barrier Reef, di Australia
 
Memiliki lebih dari 2,900 batu karang hidup dan 900 pulau pulau kecil, Great Barrier Reef adalah Sistem terumbu karang terbesar di Laut Coral. Situs warisan dunia ini merupakan rumah bagi spesie mahluk laut yang sangat indah.


Kalian akan bertemu air laut yang hangat dan melihat lebih dari 400 jenis karang hidup dan spesies hewan laut yang ramah. Kamu harus menyiapkan rencana penyelaman, persiapan sempurna sebelum melakukan ekspedisi disini.


7. Little Cayman, di British West Indies
 
Berlokasi di Selatan Kuba laut Karibia, bekas jajahan inggeris ini merupakan rumah bagi burung langka dan hewan air berbagai macam. Jika kamu memilih pulau pulau kecil di Cayman, kamu harus datang antara bulan Juni dan Agustus dimana suhu air lautnya stabil dan visibilitas maksimum. Diutara pulau terdapat Taman Laut yang dilindungi yang sangat bagus untuk menyelam.


Jika kamu mencari tempat menyelam ditebing, datanglah ke barat laut pulau pulau keci, namanya Bloody Bay Wall . Kamu bisa turun hingga 3000 kaki dan menyaksikan pemandangan jernih hingga 100 kaki. Jackson’s Bay adalah titik penyelaman yang lain dii Little Cayman Islands dimana kita bisa menyeberang ke Big Blue. Ketika mengekplorasi celah celah dan terowong bawah laut, kita bisa bertemu dengan Ikan Hiu Abu Abu, Nurse Shark, Sting Rays, Eagle Rays dan Penyu.


8. Bonaire
 
Geografi Bonaire sempurna untuk berkembang biak kehidupan flora dan fauna bawah laut. Air yang tenang, hempasan ombak ombak dari kapal dagang yang melintas menumbuhkan karang karang indah yang cocok untuk liburan keluarga. Sebagai seorang penyelam, kamu akan menikmati ekplorasi taman laut yang kaya beragam hewan di Laut Karibia. Lokasi ini dipertahankan sebagai kawasan penyelaman alami dengan jarak pandang 150 kaki yang jernih, menawarkan tempat berfoto menarik dibawah air.

9. Bikini Atoll, di Marshall Islands
 
Terletak ditengah Mikronesia kepulauan Samudera Pasifik. Bikini Atol adalah bagian dari Kepulauan Marshall. Ada 36 kelompok pulau pulau kecil berlokasi ditengah jalur antara Australia dn Honolulu dan salah satu yang terbaik bagi para penyelam adalah tempat bangkai kapal kapal karam. Yang terkenal adalah Kapal Perang USS Saratoga dan Japanese Nagato. Bikini Atoll has juga lokasi test bom nuklir di awal 1950an. 

Saat ini Bikini Atoll menjadi tempat berpotensi bagus untuk penyelaman, memancing dan olah raga air. Meskipun pulau ini hampir tidak berpenghuni disebabkan polusi radiasi, tapi lautnya menjadi tempat tinggal berbagai spesies ikan yang menakjubkan.

10. British Columbia, di Canada
 
British Columbia adalah lokasi menyelam yang mengagumkan di Amerika Utara, dengan kehidupan laut yang berbagai ragam. Sebagai penyelam, kamu akan disuguhkan dengan udang udang yang berenang kesana kemari, kepiting Dungeness, Paus Orca, singa laut, gurita gurita besar, lingcod dan 5000 spesies invertebrata juga 400 macam ikan berwarna warni. Kawasan pantai sangat dilindungi untuk menjaga keselamatan para penyelam. Ini merupakan destinasi mengagumkan di Amerika Utara, terima kasih unti kehidupan laut yang luar biasa. 

Meskipun ditandai oleh beberapa arus kuat dunia, arus sedang dengan suhu 40 derajat cocok untuk menyelam dalam waktu yang lama. Kamu bisa memulai dengan menyusuri dinding batu saat mulai pasang naik dan bertahap memasuki laut yang lebih dalam Ketika kita berenang disepanjang selat dekat Pulau Vancouver , kita bisa menyaksikan bermacam alga berwarna warni menambah keindahan dunia bawah air. 
Source:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6651908 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...