Aib Susu di Negeri Tirai Bambu

Perkara susu yang dicemari oleh zat beracun melamin ternyata masih menjadi aib yang tak lekang di China. Catatan paling gres dari Xinhua pada Kamis (13/1/2011) menunjukkan, polisi sudah menangkap 96 orang terkait kasus itu. Skandal susu bermelamin memang sempat menewaskan beberapa bayi di negeri tirai bambu itu pada 2008 silam.

Pada Juli lalu, pihak berwenang menemukan sampel susu bermelamin di Provinsi Gansu dan Qinghai. Tak tanggung-tanggung, kandungan melamin pada susu tersebut besarnya 500 kali dari batas yang diizinkan.
Kembali pada catatan yang dikeluarkan Komisi Keamanan Pangan China tadi, dari jumlah 96 orang yang ditangkap, 17 di antaranya sudah divonis bersalah, termasuk dua orang yang mesti menjalani hukuman seumur hidup. Kemudian, 38 orang tengah menunggu proses pengadilan. Lalu, 41 orang masih dalam status penyelidikan.

Terkait perkara tersebut, pihak berwajib China sudah menyita sekitar 2.132 ton susu bermelamin. Sementara itu, melamin biasanya dimanfaatkan dalam industri plastik, pupuk, dan beton. Konsumsi berlebihan zat beracun itu bisa menyebabkan penyakit ginjal.
Produsen nakal membubuhkan melamin ke dalam susu sebagai upaya untuk meningkatkan kadar nitrogen pendongkrak kuantitas protein.
Source: http://internasional.kompas.com/read/2011/01/13/1737579/Aib.Susu.di.Negeri.Tirai.Bambu-8

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...