Gua Terbesar Yang Bisa Muat 40 Gedung Pencakar Langit

Selama beberapa dekade, sejumlah geologis tahu bahwa Vietnam adalah salah satu rumah dari gua-gua yang spektakuler, dan kebanyakan di antaranya belum dieksplorasi. Kini, ditemukan sebuah gua terbesar di dunia, Hang Son Doong.

Dilansir National Geographic, gua itu cukup untuk mengakomodasi satu blok yang terdiri dari 40 gedung pencakar langit di New York, Amerika Serikat (AS).



Gua itu terletak di Pegunungan Annamite yang juga terdapat di dalamnya sungai dan hutan bahkan awan tipis dan selama ini belum dieskplorasi. Ini adalah bagian dari jaringan yang menghubungkan 150 gua di Vietnam yang berbatasan dengan Laos.



Howard dan Deb Limbert dari Inggris masuk ke Hang Son Doong tahun 2009 namun mereka terpaksa berhenti karena tingginya dinding kalsit. Tim ini kemudian kembali dan memanjat dinding itu dan menjadi mencari tahu ujung dari gua tersebut. (*)



Tampak seseorang berdiri..

Hang Son Doong mempunyai tinggi 198,12 meter dengan lebar 152,4 meter dan berarti gua ini dua kali lebih besar dari gua terbesar yang terdapat di Sarawak, Malaysia dengan nama Deer Cave yang mempunyai tinggi 91,44 meter dengan lebar 82,29 meter.











Selain itu gua ini mempunyai panjang 6,5 km dengan dinding yang terlapis oleh Calcite (Carbonate Mineral) yang mempunyai panjang 45 meter yang menempel di setiap dinding gua.
Source: tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...