4 Kebiasaan Buruk Ini Bahayakan Kesehatan

Anda terlalu sibuk untuk sarapan? Seringkali sudah sangat mengantuk untuk melepas lensa kontak? Hal ini mungkin terdengar sepele. Tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, bisa sangat membahayakan kesehatan Anda.

Hindari empat kebiasaan buruk berikut yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti dikutip dari Prevention.com

1. Lupa melepaskan lensa kontak saat tidurMembiarkan lensa kontak tetap menempel saat tidur bisa menghambat aliran oksigen pada kornea. Padahal oksigen sangat penting untuk menjaga kesehatan kornea.

"Ketika Anda menutup mata Anda selama berjam-jam saat tidur sambil mengenakan lensa kontak, itu lebih buruk lagi," kata Thomas L. Steinemann, MD, seorang profesor optalmologi di Case Western Reserve University.

Sebuah studi tentang 557 pemakai lensa kontak dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa kemungkinan berkembangnya infeksi bakteri, karena menggunakan lensa kontak pada waktu tidur adalah 1 dalam 2.500.

2. Tidak bersihkan riasan menjelang tidurMembiarkan riasan menempel pada wajah saat tidur, akan memicu tumbuhnya komedo, jerawat bahkan peradangan kulit yang parah. Sedangkan riasan mata yang tidak segera dibersihkan bisa membuat iritasi pada mata dan menimbulkan rasa sakit luar biasa akibat abrasi kornea. Jadi, pastikan, Anda selalu membersihkan riasan sebelum tidur.

3. Selalu pakai stiletoTubuh memang terlihat lebih tinggi, berjalan jadi lebih tegap dan kaki tampak lebih jenjang ketika Anda mengenakan stileto. Tetapi sepatu tumit tinggi bukan untuk dikenakan setiap hari. Jangan sampai tulang kaki Anda mendapat masalah serius di kemudian hari. Sesekali kenakan sepatu datar atau model wedges (hak tebal) untuk membuat kaki beristirahat.

4. Menggigit kuku
Memiliki kebiasaan menggigiti kuku sangat merugikan. Bukan hanya membuat kuku Anda terlihat buruk, tetapi juga bisa mempermudah Anda tertular penyakit. Saat menggigit kuku, akan sangat mudah bakteri pada kuku menempel pada mulut kemudian tertelan.
Source: vivanews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...