Angka-angka Menarik Seputar Obesitas

Kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko penyakit
berbahaya, mulai dari diabetes, tekanan darah tinggi hingga impotensi. Bagi yang menganggapnya berlebihan, angka-angka berikut akan mengungkap betapa berbahayanya punya tubuh gemuk.

Angka-angka menarik yang berhubungan dengan obesitas seperti dikutip dari Telegraph:

7 tahun
Obesitas diperkirakan dapat mengurangi usia harapan hidup seseorang hingga rata-rata 7 tahun. Artinya dengan indeks massa tubuh (IMT) yang ideal, seseorang bisa hidup 7 tahun lebih lama dibandingkan jika mengalami obesitas.

30 kg/m2
Seseorang dikategorikan sebagai obesitas jika memiliki IMT 30 kg/m2 atau lebih. IMT diukur berdasarkan rasio atau perbandingan antara berat badan dengan luas permukaan tubuh yang diwakili oleh tinggi badan.

444,5 kg
Beberapa rumah sakit di Inggris memiliki ambulans khusus untuk mengangkut pasien obesitas, dengan daya angkut maksimal 444,5 kg. Ambulans biasa hanya mampu mengangkut pasien dengan bobot maksimal 124 kg.

136 gram
Milkshake yang disebut sebagai minuman paling tidak sehat di Amerika Serikat rata-rata mengandung lemak sebanyak 136 gram dalam 1 gelas ukuran sedang. Kandungan energinya mencapai 2.010 kalori, setara dengan kebutuhan rata-rata manusia dalam sehari.

711 orang
Pada tahun 2008, sebuah restoran di Pennsylvania pernah menantang pengunjungnya untuk menghabiskan The Belly Bruiser, burger raksasa yang mengandung 6,8 kg daging sapi, 1,4 kg keju dan 30.000 kalori. Sebanyak 711 orang kontestan mencoba menyantapnya namun gagal, sebelum akhirnya pria bernama Brad Sciullo sanggup menghabiskannya dalam waktu 4 jam 39 menit.

21,3 kg
Seekor kucing yang dipelihara oleh warga Queensland, Australia tercatat sebagai kucing tergemuk dengan berat 21,3 kg. Kucing bernama Himmy ini sempat memegang rekor Guiness sebelumakhirnya dicabut untuk menghindari kemungkinan para pemilik kucing sengaja menggemukkan peliharaannya biar namanya masuk Guiness.

Source

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...