Efek Buruk Merokok untuk Gigi & Mulut

Merokok diketahui berbahaya bagi kesehatan dan kebanyakan dari perokok menyadarinya. Namun, banyak perokok cenderung mengabaikan dampak rokok terhadap kesehatan gigi.

Mari kita analisa beberapa efek buruk rokok pada kesehatan mulut, seperti dibeberkan Dentalhealthsite.

Perubahan warna gigi

Sebagian besar perokok umumnya sadar akan noda gigi yang disebabkan oleh aktivitasnya. Noda gigi ini akibat nikotin dan tar dalam rokok. Perubahan warna berkisar dari kuning ke cokelat gelap (bertahun-tahun merokok). Noda gigi sulit dihilangkan dengan menyikat normal.

Bau mulut

Perokok berada pada risiko lebih besar terkena bau mulut daripada non-perokok. Kandungan nikotin dan tar menimbulkan bau mulut yang khas pada perokok. Merokok juga menyebabkan mulut kering yang mengakibatkan halitosis (bau mulut).

Karies gigi

Merokok menempatkan Anda pada risiko lebih besar terhadap pertumbuhan karies gigi akibat plak yang terus menumpuk.

Penyakit gusi

Merokok mengakibatkan penyakit gusi karena plak dan tartar yang terus tertimbun. Merokok juga mengganggu fungsi normal sel-sel dalam jaringan gusi.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan jurnal Periodontology menyoroti bahwa perokok empat kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit gusi lanjut.

Gigi tanggal

Penyakit gusi lanjut (Periodontitis) adalah penyebab utama gigi tanggal pada orang dewasa.

Kanker mulut

Merokok kerap diasosiasikan dengan kanker paru-paru, padahal efek buruk utama lainnya adalah kanker mulut. Hampir 90 persen pasien kanker mulut adalah perokok.

Beberapa efek buruk lain dari merokok adalah:

1. Tulang rahang keropos
2. Pergeseran gigi
3. Lidah berbulu
4. Sinusitis
5. Mengubah kepekaan indera perasa dan penciuman
6. Penyembuhan luka lamban
7. Bibir hitam

Merokok tidak hanya menciptakan masalah kesehatan gigi, tetapi memperburuk kondisi gigi yang sudah ada. Jurnal Periodontology melaporkan korelasi langsung antara penyakit gusi dan jumlah rokok yang dihisap per hari. Ada kemungkinan peningkatan penyakit gusi bagi orang yang merokok lebih banyak.

Orang yang merokok kurang dari setengah bungkus sehari tiga kali lebih besar menderita penyakit periodontal, orang yang merokok lebih dari satu setengah bungkus enam kali lebih mungkin untuk hal yang sama.

Mengapa demikian? Penelitian terbaru menunjukkan, sistem pertahanan dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri melemah pada perokok.

Ada banyak efek berbahaya dari merokok terhadap kesehatan gigi dan mulut. Jadi, tak ada alasan untuk Anda terus merokok!

Source

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...