Ribuan Pasang Pengantin Menikah di Awal 2011


Sebanyak hampir 7.000 pasangan mempelai di Taiwan mengikuti nikah massal di hari pertama 2011. Menurut media massa setempat, ini merupakan jumlah pasangan mempelai terbanyak yang menikah pada hari yang sama dalam 20 tahun terakhir.

Apa yang menyebabkan mereka sama-sama menikah di akhir pekan? Menurut laman Sunday Times, 1 Januari 2011 bertepatan dengan kalender tradisional orang Taiwan, yaitu tanggal 1 tahun 100.

Bagi orang Taiwan, 100 merupakan angka yang istimewa. "Masyarakat sering memilih tanggal yang simbolis untuk menikah dan angka 100 merupakan perlambang kebahagiaan selama-lamanya [dalam kebudayaan China]," demikian penjelasan Kementrian Dalam Negeri Taiwan, yang bernama resmi China Taipei.

Itulah sebabnya pemerintah Taiwan menerbitkan akta nikah bagi 6.800 pasangan yang akan menjalin kehidupan rumah tangga. Jumlah itu mengalahkan data tahun lalu, yaitu 6.000 pasangan.

Saat itu, mereka menikah pada tanggal 9 September. Dalam bahasa Mandarin, penyebutan tanggal 9 September mirip dengan kata "abadi atau kekal," demikan ungkap harian Taiwan, United Daily News.   

Pemerintah Taiwan mengungkapkan bahwa tahun lalu terdapat 139.000 pasang pengantin, lebih banyak dari rekor terendah pada 2008, yaitu 117.000 pasang.

Pemerintah bertekad untuk mendorong warga Taiwan yang sudah cukup umur untuk menikah demi mendongkrak tingkat kelahiran di negeri mereka, yang termasuk terendah di dunia.

Source: http://dunia.vivanews.com/news/read/196973-ribuan-pasang-pengantin-menikah-di-awal-2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...