Stadion Sepak Bola Tertinggi di Dunia

Sebelumnya saya jelaskan dulu arti judul Postingan ini, yang dimaksud dengan stadion tertinggi disini adalah stadion yang terletak di posisi wilayah tertinggi, bukan tinggi konstruksi stadionnya. Adalah Stadion Hernando Siles Suazo yang dinobatkan sebagai stadion tertinggi di dunia. Stadion Hernando Siles Zuazo adalah stadion milik Bolivia, Stadion ini terletak di daerah Miraflores, La Paz Bolivia. lalu kenapa stadion ini dinobatkan sebagai stadion tertinggi dunia? tak lain adalah karna stadion ini terletak di ketinggian 3.637 meter dari permukaan air laut, dan tak ada stadion lain yang posisinya lebih tinggi dari Stadion ini.


http://jurnallaporan.blogspot.com/
Stadion Hernando Siles Suazo di tengah-tengah kota La Paz

Stadion ini dibuka pada tahun 1931 dengan pertandingan antara The Strongest melawan Universitario, saat itu The Strongest menang telak 4-1 atas Universitario. Stadion ini menjadi kandang klub sepak bola liga Bolivia, Bolivar Club, The Strongest dan La Paz FC.

Stadion berkapasitas 42.000 penonoton ini juga memiliki tuah bagi Timnas Bolivia, terbukti dengan kemenangan besar atas 2 tim raksasa Amerika latin, yaitu menang 6-1 melawan Argentina dan menang 2-1 melawan Brazil di kualifikasi Piala dunia 2010 lalu. Tapi ternyata stadion ini mengundang reaksi keras dari para pelatih tim lawan Bolivia, apa pasalnya? tak lain dan tak bukan adalah karna posisinya yang berada di atas 3.637 meter. Kita semua tahu bahwa bermain di ketinggian lebih dari 3.000 meter bisa menyebabkan sesak nafas, demam tinggi, kejang otot, sampai pneumonia.

http://jurnallaporan.blogspot.com/
Suasana Stadion Hernando Siles Suazo

Hal ini dinilai menguntungkan Tim Tuan rumah yang sudah terbiasa bermain di ketinggian. Hal inilah yang kemudian memicu FIFA untuk mengeluarkan peraturan baru, yaitu Stadion yang boleh mengadakan pertandingan internasional hanyalah stadion yang berada di bawah ketinggian 2500 meter dari permukaan laut.

sumber: http://7wolu.blogspot.com/2011/02/stadion-sepak-bola-tertinggi-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...