Fenomena Sepeda Fixie di Indonesia

http://jurnallaporan.blogspot.com

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang booming-booming nya sepeda yang minimalis dan unik, yaitu sepeda Fixie. Walaupun sepeda ini tergolong minimalis, tapi tidak meninggalkan kesan elegan bagi penggunanya. Sebagian besar pengguna sepeda ini adalah kaum remaja.

Sebenarnya sepeda Fixie ini berasal dari negeri Paman Sam alias Amerika Serikat, tepatnya di kota New York. Sepeda ini digunakan oleh pengantar pos/koran/majalah. Karena kondisi kota New York yang sangat padat, mereka sering mengalami keterlambatan saat mengantar paket mereka. Akhirnya mereka memilih sepeda sebagai alternatif dan hasilnya sangat memuaskan dengan tingkat keterlambatan yang berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Bagi sebagian orang, sepeda Fixie ini terkesan elegan karena memang harga sebuah sepeda ini lumayan mahal. Selain itu tiap bagian sepeda ini juga tidak murah, semisal frame, velg, roda, yang biasanya barang-barang tersebut diimpor dari luar negeri.

Sepeda Fixie ini menggunakan sistem fixed gear, yang membuat ayunan pedal terus berputar seiring perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman , si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan gaya melawan arah perputaran pedal, atau biasa disebut dengan sistem ” Door Trape”.

Sekarang ini banyak sekali komunitas sepeda Fixie di berbagai daerah di Indonesia. Mereka mengaku memilih sepeda Fixie ini karena selain mengikuti tren, tapi juga karena memang sepeda ini cocok banget buat kaum remaja yang doyan nongkrong dan ingin selalu eksis.

Penggunaan Sepeda Fixie sekarang ini tak hanya sekedar untuk olahraga pagi saat hari libur, tapi juga sudah biasa dipakai untuk berangkat ke sekolah, kampus, maupun ke kantor. Selain menyehatkan badan , penggunaan sepeda juga bisa memperlambat Global Warming yang akhir-akhir ini menjadi pembahasan pokok negara-negara didunia.

sumber: http://7wolu.blogspot.com/2011/03/fenomena-sepeda-fixie-di-indonesia.html

2 comments:

  1. Ternyata tulisanku sampai kemana2 ya. , ,!
    Tp sayang g dihargai. ,

    ReplyDelete
  2. wah mantap ini artikelnya seru abisss

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...