7 Rekor Tentang Eskalator di Dunia (Indonesia Termasuk)

Eskalator adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor.
Berikut 9 Rekor Tentang Eskalator di Dunia! salah satunya juga dimiliki indonesia.

1. Eskalator Pertama
Eskalator pertama dibuat menggunakan kayu pada tahun 1859 di New York’s Coney Island amusement park. Karena terbuat dari kayu terjadi salah satu kecelakaan eskalator paling terkenal dalam sejarah terjadi pada tanggal 18 November, 1987 ketika api menyebar ke draft di jaringan kereta bawah tanah London Underground menewaskan 31 orang. Hal ini mencetuskan ide untuk kemudian merubah bahan dasar kayu menjadi besi.

Eskalator Kayu yang tersisa dapat dilihat dan dipergunakan di Stasiun Greenford-London.



2. Eskalator Terpanjang
Eskalator Terpanjang terdapat di Stasiun Pobedy Park di Jalur-Pokrovskaya Arbatsko yang dibuka pada tahun 2003. Eskalator ini mempunyai panjang sekitar 126 m.



3. Eskalator Terpendek
Ada terpanjang, pasti ada Terpendek. Eskalator ini terdapat di Okadaya Mores shopping mall di Kawasaki, Jepang. yang memiliki panjang hanya 83 cm



4. Eskalator Tertinggi
Eskalator tertinggi terdapat di Umeda Sky Building di Osaka, Jepang, Dengan tinggi 173 m, selesai pada tahun 1993 dan terdiri dari dua menara 40 lantai dengan serangkaian eskalator menyediakan akses untuk menghubungkan kedua menara tersebut.



5. Eskalator Tersempit
Eskalator hanya selebar sekitar 16 inci (40 cm), banyak dipergunakan oleh department store dan di daerah transit biasanya di stasiun kereta. Eskalator dibuat lebih sempit, mengingat melambungnya obesitas di USA.



6. Eskalator Sepeda
Eskalator Khusus Sepeda banyak ditemukan di beberapa kota besar di Jepang, eskalator ini memiliki slot cukup lebar untuk pengguna sepeda. Penunggang turun dan berjalan menaiki tangga, sambil memegang rem tangan sepeda, sementara eskalator bergerak dengan lancar di sepanjang jalur sepeda di samping tangga.




7. Eskalator Multifungsi
ini dia Eskalator hebat dari indonesia, yaitu Eskalator Multifungsi. Selain untuk pejalan kaki, eskalator ini bisa dipakai untuk berdagang atau sekedar bertengger/duduk-duduk.

http://firdauzi.files.wordpress.com/2009/07/ilford3200-roll-3-21.jpg?w=590&h=900


sumber:http://www.adjiebrotot.co.cc/2011/02/7-rekor-tentang-eskalator-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...