Fakta tentang Kafein

https://lh6.googleusercontent.com/-i6_f-Fnb728/TYxrGodDKFI/AAAAAAAADkY/XXFgrEDfQFk/s1600/03kafein.jpg
Selama ini kafein selalu mendapat cap jelek bagi kesehatan. Tetapi di balik efek buruk kafein, ternyata ada dampak positifnya. Jadi, bagi Anda para pecinta kopi, jangan takut dengan kandungan kafein. Selama kopi dikonsumsi tidak berlebihan, Anda bisa mendapatkan empat  keuntungan dari kafein. Ketahui empat keuntungan tersebut, yang dilansir dari Self.

Bernapas lebih baik Menurut penelitian dari tim peneliti Indiana University, mengonsumsi kopi sebelum olahraga bisa mengurangi gejala asma. Dua gelas kopi sebelum berlari bisa membuat pernapasan jadi lebih baik dan teratur.

Lebih berenergi Minum kopi di antara sesi latihan bisa membuat energi lebih cepat pulih. Hal itu menurut peneitian yang dipublikasi dalam Journal of Applied Physiology. Diketahui, atlet yang minum minuman karbohidrat berkafein setelah bersepeda memiliki 66 persen lebih banyak glikogen (cadangan energi) di otot mereka dibandingkan mereka yang minum minuman tanpa kafein.

Nyeri berkurang Jika Anda mudah mengalami nyeri otot, kafein dapat membantu menguranginya. Temuan dari tim peneliti University of Georgia di Athena menunjukan wanita yang mengonsumsi kopi dua kali sehari setelah melakukan latihan squat, rasa nyeriya berkurang hingga 48 persen dalam waktu satu jam. Menurut peneliti, kafein menutup adenosin, yaitu reseptor zat kimia pemicu rasa nyeri.

Mempermudah latihan kardio Kopi bisa membuat latihan kardio Anda lebih mudah dilakukan. Wanita yang minum dua cangkir kopi satu jam sebelum latihan kardio, rasa lelah dan nyerinya berkurang hingga 40 persen, dibandingkan yang tidak minum minuman berkafein.  Kafein menurut peneliti dari University of Illinois, Amerika Serikat, tampaknya memblokir neurotransmiter yang menyampaikan sinyal ketidaknyamanan selama latihan.

sumber: http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2011/03/fakta-tentang-kafein.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...