SMS Telkomsel Tembus 1,8 Miliar

Telkomsel mencatatkan trafik tertinggi dalam pengiriman SMS (short message service) dengan jumlah 1,8 miliar saat memasuki awal 2011. Trafik naik 89% jika dibandingkan awal tahun lalu, namun melonjak pesat 136% dari hari biasa yang mencapai 763 juta.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, trafik SMS sebanyak itu bisa tersalurkan dengan baik berkat peningkatan kapasitas jaringan dalam skala besar.

"Kami sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan meningkatkan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS per detik tahun lalu, menjadi sanggup memproses 80.000 SMS per detik," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/1/2011).

Secara berturut-turut, trafik SMS Telkomsel paling tinggi terjadi pada tanggal 31 Desember 2010 (950 juta SMS), lalu tanggal 1 Januari 2011 (848 juta SMS).

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon meningkat menjadi 310 juta panggilan pada puncak pergantian tahun, di mana trafik yang sukses dilayani 1.080 juta menit atau melonjak 13% dibanding trafik suara di hari normal.

Sedangkan untuk layanan MMS terjadi kenaikan trafik 75% menjadi 1.100 ribu MMS dari trafik MMS sehari-hari 630 ribu MMS. Sementara untuk layanan data, terjadi penurunan trafik sebesar 11% menjadi 56 Terabytes dari trafik data sehari-hari 63 Terabytes per hari.

Jika dibandingkan dengan awal tahun 2010, trafik layanan suara di awal tahun ini naik sekitar 29%, yang diikuti dengan peningkatan trafik untuk layanan data sebesar 100%.

"Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku komunikasi pelanggan yang lebih suka memanfaatkan layanan data melalui instant messaging atau chatting untuk menyampaikan ucapan 'Selamat Tahun Baru'," kata Sarwoto.

Ia menambahkan, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun.

"Ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, yang biasanya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru," pungkasnya.
Source: detik.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...